IA ROAD TO GOLD


   PT. Adis Dimension Footwear dalam hal kualitas mengalami dinamika yang fluktuatif. Berbicara kualitas produk, customer tentunya menerapkan peraturan-peraturan yang sangat ketat demi menjaga nama baik brand dan tentu saja menambah pangsa pasar produknya, semua factory yang bekerjasama dengan NIKE harus mengikuti sistem dan standard yang ditetapkan NIKE. Dalam standardisasi kualitas,NIKE mengklasifikasikan kedalam 4 ranking yaitu : GOLD, SILVER, BRONZE, dan RED. Untuk setiap pencapaian rangking kualitas tersebut NIKE akan memberikan ‘imbalan’ yang setimpal dengan performance nya. Misalnya pabrik yang masuk kategori RED akan dikurangi dulu ordernya sampai bisa memenuhi standard kualitas sehingga naik ke kategori BRONZE baru kemudian ordernya disesuaikan lagi, begitulah sederhananya.
   Dalam mewujudkan konsistensi itulah manajemen PT. Adis Dimension Footwear meluncurkan suatu program yang diberi nama ADIS ROAD TO GOLD, dimulai dengan kampanye akbar yang dilaksanakan pada tanggal 15 & 16 Juni 2015 yang melibatkan langsung Top Level Management sebagai pembicaranya. Dilanjutkan kemudian dalam lingkup yang lebih kecil di area kerja oleh para Manajer dari Produksi dan Quality pada hari-hari berikutnya.
 
Lalu apa saja yang jadi menu utama dalam setiap pembahasan IA ROAD TO GOLD ini? Mengapa hal-hal itu sangat penting dijaga kualitasnya? Dan apa yang kita akan peroleh saat bisa meraih peringkat GOLD? Dalam raport kualitas setiap partner NIKE khususnya sepatu, adalah 5 variabel penilaian yang menjadi tolak ukur performance suatu pabrik yaitu :

Defective return 
ada jumlah minimum sepatu yang dikembalikan ke toko oleh pembeli.

Bonding 
Bicara sepatu olah raga ya bondinglah kunci utamanya, blacklist kalau bonding nya severe

MQAA 
Manufacturing Quality Audit Assurance,  Audit proses produksi diberbagai area kritikal baik internal maupun bersama NIKE

FDPA
Audit kesesuaian antara aktual proses diline produksi dengan PFC yang telah disepakati factory dengan NIKE, dilaksanakan pada setiap awal produksi item-item baru.

PEAC
Product Excellent Alignment Calibration, Audit produk jadi untuk item-item baru, setelah prosesnya dikawal MQAA dan divalidasi FDPA, maka hasil akhirnya dikalibrasi oleh PEAC, yang tujuannya menyamakan sudut pandang kualitas antara factory dengan buyer. 

Itulah 5 variabel kualitas yang dinilai oleh NIKE dan menjadi raport perusahaan untuk urusan kualitas proses dan produk. Ketika kita berhasil mencapai peringkat GOLD dan bisa mempertahankannya secara konsisten dalam setiap kuartalnya sepanjang tahun dan seterusnya, maka NIKE tentusaja akan memberikan apresiasi dengan memberikan order yang terbaik.
Saat ini satu kuartal sudah kita lalui dengan sukses meraih GOLD untuk kualitas ini, mari kita pertahankan posisi GOLD sampai seterusnya, kunci keberhasilan meraih predikat GOLD ini adalah semua karyawan baik di core produksi maupun supporting, kualitas team work yang baik akan menghasilkan kualitas produk yang baik pula, mari kita bersama menjaga keberlangsungan perusahaan kita tercinta ini dengan senantiasa menjaga kualitas kerja, semangat kerja sama dan rasa memiliki yang tinggi.